Pages

Selasa, 07 Mei 2013

Tari Tradisional jawa barat

Tari Tradisional Jawa Barat

Tari Tradisional Jawa Barat :: Negara kita indonesia memang negara yang kaya akan ragam budaya, mulai dari alat musik, lagu daerah, termasuk tari-tarian tradisional nya. Hampir di setiap daerah atau pun provinsi memiliki tarian tradisional nya masing-masing. Salah satu nya provinsi jawa barat yang memiliki cukup banyak tari tradisional nya.
Jawa barat adalah salah satu provinsi di pulau jawa yang mempunyai ragam kesenian khususnya tari tradisional. Beberapa tarian tradisional yang ada di jawa barat diantaranya adalah Tari Jaipong, Tari Merak, dan Tari Topeng Cirebon. Tarian- tarian tersebut tidak hanya sebatas tarian biasa, tetapi memiliki sejarah dan maknanya masing-masing.
a. Tari jaipong
tari jaipongan jawa barat 300x212 Tari Tradisional Jawa Barat
Tari Jaipong
Tari Jaipong merupakan salah satu tarian kebanggan provinsi jawa barat dan bahkan kebanggan indonesia. Karena tak jarang tari jaipong ini sering di ikut sertakan dalam festival-festival tarian dunia di mancanegara. Sehingga tari jaipong tidak hanya dikenal oleh masyarakat jawa barat dan indonesia sendiri, tetapi sudah dikenal baik oleh masyarakat mancanegara. Sering kali setiap prosesi penyambutan tamu dari mancanegara yang datang ke jawa barat, selalu disambut dengan tari jaipong. Tari jaipong sendiri merupakan tarian yang terkenal karena keindahan gerakan nya yang beragam. Meskipun sebagian orang menganggap bahwa tari jaipong adalah tarian erotis. Tapi sebenarnya jika di tarikan dengan baik dan benar, tari jaipong merupakan tarian yang indah, rancak, dan memiliki nilai estetika yang tinggi serta jauh dari kesan erotis.
 
b. Tari Merak
tari merak dari jawa barat 300x200 Tari Tradisional Jawa Barat
Tari Merak
Selain tari jaipong, jawa barat juga memiliki tari tradisional yang tak kalah populer nya yaitu tari Merak. Tari merak lebih dominan nuansa kegembiraan nya, sehingga tak heran jika tari merak juga sering dipakai dalam acara penyambutan tamu serta dipergunakan untuk mengiringi pengantin menuju pelaminan dalam acara pernikahan adat sunda. Tari merak ini memang terinspirasi dari keindahan burung merak, karenanya dinamakan tari merak. Para penari nya menggunakan kostum beraneka warna yang memang menjadi ciri khas daripada burung merak ini. selain itu, setiap penari juga dipasangi sebuah mahkota yang menyerupai sebuah kepala merak.
c. Tari Topeng
tari topeng cirebon jawa barat 300x225 Tari Tradisional Jawa Barat
Tari Topeng
Satu lagi tarian tradisional dari jawa barat yaitu Tari Topeng. Tari topeng ini sudah mulai dikenal sejak dulu dan sampai sekarang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Tari topeng sendiri berasal dari Cirebon. Tari topeng ini dimainkan oleh satu atau beberapa orang penari wanita yang menggunakan topeng. Nah, disinilah letak keistimewaan tari Topeng ini. Selama menari, penari menggunakan 3 buah topeng yang berwarna putih, biru dan merak secara bergantian. Topeng putih menggambarkan sifat lembut, topeng biru menggambarkan kelincahan, dan topeng merah menggambarkan sifat buruk dan pemarah. Sehingga karakteristik tarian yang disajikan dalam tari topeng ini berubah-ubah mengikuti topeng yang digunakan penari.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar